Selasa, 21 Juni 2016

Ada Apa dengan The Jakarta Post ?

BIOGRAFI
Jakarta Post adalah surat kabar harian dalam bahasa Inggris di Indonesia. Surat kabar ini dimiliki oleh PT Bina Media Tenggara yang berkantor pusat di Jakarta.
The Jakarta Post bermula sebagai sebuah kolaborasi antara empat media Indonesia di bawah arahan Menteri Penerangan Ali Moertopo dan politikus Jusuf Wanandi. Setelah pertama terbit tanggal 25 April 1983, The Jakarta Post selama beberapa tahun terbit dengan sedikit iklan dan peningkatan sirkulasi. Setelah pergantian kepala editor tahun 1991, harian ini mulai mengambil posisi pro-demokrasi. The Jakarta Post adalah salah satu harian Indonesia berbahasa Inggris yang selamat dari krisis keuangan Asia 1997 dan saat ini memiliki sirkulasi sebesar 40.000 eksemplar dan telah memiliki 41.049 pelanggan pada bulan Desember 1998.
Pada tahun 1994, Post menjadi surat kabar pertama di Indonesia yang  go internasional di bawah proyek bernama "Go International". Tiga perusahaan global menyediakan layanan database dari tiga tempat berbeda di dunia sehingga Post bisa diakses oleh ribuan pelanggannya di seluruh dunia selama 24 penuh. Proyek 'Go International' ini adalah perwujudan nyata dari misi Post untuk membawa perspektif Indonesia ke dalam isu-isu nasional dan internasional di tengah pandangan negara Barat yang mendominasi aliran informasi dunia. Post berkomitmen untuk hadir sebagai "Jurnal Indonesia Masa Kini". Koran ini  menyanggupi tantangan untuk terus menyediakan berita, hiburan dan pandangan yang up to date  kepada masyarakat dunia.
The Jakarta Post juga memiliki edisi Minggu (Sunday) dan Daring (Online), yang isinya tidak ditemukan di edisi cetak harian. Harian ini menargetkan warga asing dan warga Indonesia berpendidikan, meski jumlah pembaca Indonesia dari kelas menengah juga terus meningkat. Terkenal sebagai tempat latihan para reporter lokal dan internasional, The Jakarta Post memenangkan sejumlah penghargaan dan dijuluki sebagai "harian berbahasa Inggris terdepan di Indonesia.

PENGHARGAAN
Post dianugerahi penghargaan internasional dari International Marketing Association-Editor dan Publisher sebagai juara pertama di antara koran-koran yang mampu menyirkulasikan kurang dari 50.000 kopi per hari dalam kategori hubungan masyarakat. Post menerima beberapa penghargaan lain yang membuatnya menjadi satu-satunya koran Indonesia yang diakui dunia internasional hingga saat ini.

MENGAPA KAMI MEMBAHASA THE JAKARTA POST ?

Karena menurut kami, The Jakarta Post memilki visi misi yang baik untuk kemajuan media cetak khususnya surat kabar. Dengan mereka meluncurkan surat kabar pertama yang berbahasa asing (Inggris), ditargetkan agar warga asing yang ada di Indonesia mau membaca surat kabar buatan Indonesia dan agar mereka mengetahui berita-berita atau isu-isu terbaru di Indonesia. Ini juga untuk memajukan bangsa dalam hal pendidikan bahasa, karena zaman sudah modernisasi, maka The Jakarta Post berniat untuk mengajak warga Indonesia untuk mencoba mulai dari sekarang membaca surat kabar berbahasa Ingrris tapi tetap mempertahankan budaya asli kita yaitu “Sambil Membaca Koran, Sambil Minum Kopi Hangat”.




Daftar Pustaka :
profil.merdeka.com diakses pada Selasa, 21 Juni 2016. 


Oleh : I Gusti Agung Surya Dhewi <3 (150905779)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar