Rabu, 22 Juni 2016

Fenomena Iklan Duka Cita Pada Koran

Karakteristik koran yang mudah dijangkau dimanfaatkan oleh masyarakat tertentu untuk menyampaikan berita lelayu. Bukan suatu hal yang sulit untuk mendapatkan sebuah koran. Mengingat koran diproduksi setiap hari, berbeda dengan media cetak lainnya misalnya majalah yang muncul dalam edisi minggunan, bulanan, atau tahunan. Walaupun saat ini sudah beralih ke jaman internet yang juga mudah diakses setiap hari, koran tetap melekat pada masyarakat menengah ke bawah yang kurang memiliki pengetahuan dalam penggunaan gadget untuk mengakses informasi. Orang dapat dengan mudah mendapatkan koran dari loker yang biasanya ada di perempatan-perempatan jalan. Hal ini memunculkan fenomena pasang iklan duka cita pada koran. Harapannya berita meninggalnya seseorang dapat diketahui oleh orang banyak khususnya yang memiliki hubungan dengan almarhum namun hilang kontak, misalnya. Musibah meninggalnya seseorang tidak dapat diprediksi. Maka dari itu koran memberikan kolom khusus yang dapat digunakan oleh masyarakat setiap hari.
Tarif yang berlaku untuk pemasangan iklan duka cita pada koran berbeda-beda. Pada koran Kedaulatan Rakyat, duka cita masuk dalam iklan keluarga.
“Iklan keluarga adalah iklan yang berisi tentang berita keluarga. Seperti duka cita, pernikahan, ulang tahun dan lain sebagainya. Iklan Keluarga Harian Kedaulatan Rakyat Jogja dengan tarif Rp. 12.000,-/mmk. Iklan keluarga berada di halaman berita dengan ukuran sepuasnya.” (iklankrjogja.com, 2013)
Selain Kedaulatan Rakyat, Tempo sebagai koran nasional memberlakukan tarif khusus yang berbeda. Jenis iklan keluarga seperti ucapan terimakasih, duka cita, dll dikenai biaya Rp. 18.000 dengan maksimal 540 mmk (tempointeraktif.com, 2016)
Fenomena iklan duka cita pada koran menarik bagi saya karena memberikan kebebasan pada siapa saja yang ingin mempublikasikan berita lelayu. Berbeda dengan media massa lainnya seperti televisi, radio, majalah, yang hanya memberitakan kematian artis atau orang terkenal saja. Dengan kata lain, Anda tidak mungkin menemukan iklan duka cita tetangga sebelah rumah yang meninggal di televisi. Namun sebaliknya dapat menemukannya di koran jika keluarganya itu pergi ke kantor surat kabar meminta dipublikasikan. Menurut saya hal ini dapat juga dikategorikan sebagai kelebihan koran dibandingkan dengan media massa lainnya. 










Gambar 1. Iklan Duka Cita pada Koran Kedaulatan Rakyat














Gambar 2. Iklan Duka Cita pada Koran Kompas





Daftar Pustaka
Krjogja. 2013. Iklan Keluarga, (Online), (http://iklankrjogja.com/2013/04/iklan-keluarga.html diakses tanggal 21 Juni 2016)

Tempo. 2016. Informasi Iklan Koran Tempo di Internet, (Online), (http://tempo.co.id/iklan/iklan_koran.htm diakses tanggal 21 Juni 2016)

(Teresia Belawati Sugiarto / 150905635)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar