Karakteristik koran yang mudah
dijangkau dimanfaatkan oleh masyarakat tertentu untuk menyampaikan berita
lelayu. Bukan suatu hal yang sulit untuk mendapatkan sebuah koran. Mengingat
koran diproduksi setiap hari, berbeda dengan media cetak lainnya misalnya
majalah yang muncul dalam edisi minggunan, bulanan, atau tahunan. Walaupun saat
ini sudah beralih ke jaman internet yang juga mudah diakses setiap hari, koran
tetap melekat pada masyarakat menengah ke bawah yang kurang memiliki
pengetahuan dalam penggunaan gadget
untuk mengakses informasi. Orang dapat dengan mudah mendapatkan koran dari
loker yang biasanya ada di perempatan-perempatan jalan. Hal ini memunculkan
fenomena pasang iklan duka cita pada koran. Harapannya berita meninggalnya
seseorang dapat diketahui oleh orang banyak khususnya yang memiliki hubungan
dengan almarhum namun hilang kontak, misalnya. Musibah meninggalnya seseorang
tidak dapat diprediksi. Maka dari itu koran memberikan kolom khusus yang dapat
digunakan oleh masyarakat setiap hari.
Tarif yang berlaku untuk
pemasangan iklan duka cita pada koran berbeda-beda. Pada koran Kedaulatan
Rakyat, duka cita masuk dalam iklan keluarga.
“Iklan keluarga adalah iklan yang berisi
tentang berita keluarga. Seperti duka cita, pernikahan, ulang tahun dan lain
sebagainya. Iklan Keluarga Harian Kedaulatan Rakyat Jogja dengan tarif Rp.
12.000,-/mmk. Iklan keluarga berada di halaman berita dengan ukuran sepuasnya.”
(iklankrjogja.com, 2013)
Selain Kedaulatan Rakyat, Tempo sebagai koran
nasional memberlakukan tarif khusus yang berbeda. Jenis iklan keluarga seperti
ucapan terimakasih, duka cita, dll dikenai biaya Rp. 18.000 dengan maksimal 540
mmk (tempointeraktif.com, 2016)
Fenomena iklan duka cita pada
koran menarik bagi saya karena memberikan kebebasan pada siapa saja yang ingin
mempublikasikan berita lelayu. Berbeda dengan media massa lainnya seperti
televisi, radio, majalah, yang hanya memberitakan kematian artis atau orang
terkenal saja. Dengan kata lain, Anda tidak mungkin menemukan iklan duka cita
tetangga sebelah rumah yang meninggal di televisi. Namun sebaliknya dapat
menemukannya di koran jika keluarganya itu pergi ke kantor surat kabar meminta
dipublikasikan. Menurut saya hal ini dapat juga dikategorikan sebagai kelebihan
koran dibandingkan dengan media massa lainnya.
Gambar 1. Iklan Duka Cita pada Koran Kedaulatan Rakyat
Gambar 2. Iklan Duka Cita pada Koran Kompas
Daftar Pustaka
Krjogja. 2013. Iklan Keluarga, (Online),
(http://iklankrjogja.com/2013/04/iklan-keluarga.html diakses tanggal 21 Juni
2016)
Tempo. 2016. Informasi Iklan Koran Tempo di Internet,
(Online), (http://tempo.co.id/iklan/iklan_koran.htm diakses tanggal 21 Juni 2016)
(Teresia Belawati Sugiarto / 150905635)
(Teresia Belawati Sugiarto / 150905635)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar